NEWS UPDATE :  

Berita

PEMBIASAAN VIRTUAL SALJU

Rasanya semua yang bersekolah pasti pernah merasakan upacara pengibaran bendera merah putih rutin setiap hari Senin, berbaris di lapangan untuk berdoa atau mendengarkan pengarahan yang berisi informasi dari kepala sekolah maupun ibu/bapak guru pada pagi hari sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Begitupun di SALJU, kegiatan tersebut rutin dilaksanakan lima hari dalam satu minggu dengan berbagai macam kegiatan setiap harinya. Kegiatan tersebut dikenal dengan sebutan pembiasaan.

Pembiasaan dilaksanakan dengan tujuan pembentukan karakter peserta didik. Membentuk karakter peserta didik dapat dilakukan dengan membiasakan perilaku positif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Pembiasaan merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang, baik dilakukan secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri. Pengembangan karakter melalui pembiasaan ini dapat dilakukan secara terjadwal atau tidak terjadwal baik di dalam maupun di luar kelas.

Kegiatan pembiasaan di SALJU seperti yang dikatakan di atas, dilaksanakan rutin lima hari dalam satu minggu. Pertanyaannya, bagaimana semua kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini. Kegiatan belajar mengajar saja BDR (Belajar dari Rumah), begitupun dengan kegiatan lainnya. Semua dilaksakan dari jarak jauh, memanfaatkan media G-Meet atau Zoom.

    

Sebelum pandemi kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan yakni Senin upacara bendera, Selasa senam, Rabu pramuka, Kamis literasi dan Jum’at pembiasaan keagamaan, bagi yang muslim (pembacaan surah yasin, ceramah serta salat dhuha berjamaah), begitupun dengan yang non muslim ada kegiatan keagamaan. Berbeda dengan pembiasaan di tengah-tengah pandemi seperti sekarang ini, Senin upacara virtual, Selasa pembiasaan virtual (menyanyikan Indonesia Raya, Mars 197, Yel-yel 197, Tepuk PPK dan Doa Belajar) untuk kelas IX, Rabu pembiasaan virtual untuk kelas VIII dan pramuka virtual untuk kelas VII, Kamis pembiasaan virtual untuk kelas VII dan Jum’at Pembiasaan literasi virtual untuk kelas VII. Semuanya terbatas via virtual, namun terbukti semangat serta kreatifitas warga SALJU tidak pernah surut sekalipun terhantam badai pandemi sekalipun. 

Namun, tidak pernah henti warga SALJU berdoa agar pandemi lekas berlalu. Dengan demikian seluruh warga SALJU khususnya peserta didik dapat kembali merasakan betapa menyenangkannya pembiasaan yang dilaksanakan dengan mata telanjang membaur bersama teman-teman, hanyut dalam euforia pembiasaan literasi serta tertunduk melantunkan doa yang sama dalam satu waktu pada pembiasaan hari Jum’at.